Mengenal
Istilah Dharma :
Anutpattika-dharma-ksanti
Apa yang
dimaksud dengan Anutpattika-dharma-ksanti? “Kebenaran pada dasarnya tidak
muncul dan tidak lenyap, dikatakan tidak muncul, maka itu disebut Anutpattika”,
Anutpattika artinya tidak muncul, “maka itu Bodhisattva dengan menggunakan
Dharma Anutpattika, dapat melatih kesabaran, tak tergoyahkan dan takkan
mengalami kemunduran”, inilah yang disebut dengan “Anutpattika-dharma-ksanti”.
Bodhisattva
memasuki kondisi batin ini, ksanti (kesabaran), terhadap Ajaran Buddha, dapat
memastikan secara keseluruhan dan takkan ada keraguan sama sekali, benar-benar
adalah tidak muncul dan tidak lenyap. Maka itu Bodhisattva takkan tergerak hatiNya, kita selalu
mengatakannya sebagai tidak timbul niat pikiran, tak tergoyahkan, karena tak
tergoyahkan maka takkan mengalami kemunduran.
Ini adalah
kondisi batin yang bagaimana? Di dalam
Ajaran Mahayana dikatakan ini adalah kondisi batin Bodhisattva tingkatan Bhumi
tujuh ke atas, di atas tingkatan Bhumi ke-7 adalah tingkatan Bhumi ke-8, ini
adalah samadhi tingkat tinggi, bukan
samadhi biasa.
Di dalam
“Kamus Besar Ajaran Buddha”, ada sebuah penjelasan yang sederhana, yang artinya
harus menjauhi apa yang muncul dan lenyap, karena muncul dan lenyap itu adalah semu, segala
sesuatu yang muncul pasti akan lenyap.
Dipetik dari
ceramah Master Chin Kung 16 September 2011
Tingkatan Bodhisattva :
什麼是無生法忍?「理(真理)本不生不滅,今但言不生,故名無生」,無生就是不生的意思,「謂菩薩於無生之法,忍可忍樂,不動不退」,就叫做「無生法忍」。菩薩契入這個境界,忍,當承認講、當同意講,完全肯定而沒有懷疑,確實是不生不滅。所以菩薩不動心,我們常說的不起心不動念,如如不動,不動當然他就不退。這是什麼境界?大乘教裡面講七地以上,七地以上是八地,這是高級的禪定,不是普通禪定。
《佛學大辭典》有簡單的解釋,「無生法忍,術語,略云無生忍。無生法者,遠離生滅之真如實相理體也」。這說的是什麼?要遠離生滅,生滅是假的,有生有滅。
淨土大經解演義 (第五九七集) 2011/9/16