Kamis, 05 Desember 2019

Air Delapan Jasa Kebajikan


Mengenal Istilah Dharma :
Air Delapan Jasa Kebajikan

1. Tenang dan Jernih
2. Sejuk
3. Manis
4. Lembut
5. Melembabkan
6. Mendamaikan
7. Menghilangkan rasa lapar dan dahaga
8. Mengembangkan berbagai akar kebajikan

Penjelasan :
Air di Alam Sukhavati memiliki beragam manfaat kebajikan, tidak seperti air di dunia fana ini. Air di Alam Sukhavati merupakan air delapan jasa kebajikan, makanya airnya jernih tak tercemarkan sama sekali, transparan, sehingga dari permukaan kolam dapat melihat sampai ke dasar kolam dengan jelas, di mana dasar kolam bertaburkan pasir emas.

Menebarkan keharuman, setelah anda menghirup aroma air, akan terasa keharuman yang menyegarkan dan menyamankan tubuh jasmani, sehingga jiwa raga berada dalam suasana tersebut, seperti yang kita katakan sebagai penuh dengan nutrisi, penuh energik .

“Air memiliki delapan jenis kebajikan, makanya dinamakan Air Delapan Jasa Kebajikan. Di dalam “Cheng Zan Jing Tu Jing atau Sutra Memuji Tanah Suci” disebutkan : Yang dimaksud dengan Air Delapan Jasa Kebajikan adalah yang pertama, Tenang dan Jernih”.

Tenang artinya tidak bergerak, airnya diam; Jernih artinya bersih, tidak tercemarkan sama sekali, permukaan air bagaikan sebuah kaca cermin.

Yang kedua adalah “Sejuk”, setelah meneguknya terasa menyegarkan dan nyaman.

Untuk air yang jernih dan sejuk, di dunia fana ini juga ada, juga bisa dijumpai di telaga. Tetapi sekarang sudah kian langka, sekarang dikarenakan udara sudah tercemar, sumber air juga sudah tercemar, air yang jernih dan sejuk sudah sulit ditemukan, pencemaran ini akibat ulah manusia.

Yang ketiga adalah “Manis”, rasa air yang satu ini tidak dapat ditemukan di dunia fana. Air di Alam Sukhavati rasanya manis.  

Yang keempat adalah “Lembut”, yang ini juga tidak ada pada air di dunia fana ini, air di dunia ini memiliki bobot yang berat, sedangkan air di Alam Sukhavati ringan dan lembut.

Yang kelima adalah “Melembabkan”, air di dunia fana memang juga melembabkan, terhadap kulit kita ini memang melembabkan, demikian pula terhadap tanaman juga melembabkan.

Yang keenam adalah “Mendamaikan”. Yang ini tidak terdapat pada air di dunia fana, sedangkan permukaan air di Alam Sukhavati aman dan harmonis, orang yang tidak bisa berenang juga takkan mati tenggelam, mengapa demikian?

Tinggi permukaan air akan menuruti keinginanmu, saya ingin permukaan air dangkal maka airnya akan dangkal; ingin setinggi mata kaki, maka tinggi air akan menuruti keinginanmu.

Yang ketujuh adalah “Menghilangkan rasa lapar dan dahaga”. Setelah anda meminum air tersebut, anda akan memperoleh gizi yang memadai buat menutrisi fisik dan mentalmu.

Bahkan air ini serupa dengan Amerta yang dapat menyembuhkan beragam jenis penyakit, “Menghilangkan rasa lapar dan dahaga serta menghapus segala penyakit”.

Yang kedelapan adalah “Mengembangkan berbagai akar kebajikan”, hal ini tidak terdapat pada air di dunia fana ini.

“Para makhluk yang memiliki berkah besar senantiasa mengonsumsinya dengan penuh sukacita”, praktisi yang terlahir di Alam Sukhavati disebut sebagai makhluk yang memiliki berkah besar.

Maka itu penduduk Alam Sukhavati tidak butuh makanan, cukup meneguk air delapan jasa kebajikan di kolam tujuh mustika, segala persoalan pun jadi selesai.

Air delapan jasa kebajikan mengalir keluar dari jiwa sejati, Air Kebajikan.

“Air di Alam Sukhavati, dapat membuat insan yang meneguknya mengembangkan beragam akar kebajikan terunggul, dapat dilihat bahwa Alam Sukhavati sungguh tak terbayangkan”.

Ini memperkenalkan pada kita tentang jasa kebajikan terunggul yang tak terbayangkan dari air kebajikan di kolam mustika.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 April 2011


八功德水
 
一者澄淨
二者清冷
三者甘美
四者輕軟
五者潤澤
六者安和
七者飲時除飢渴
八者飲已定能長養諸根四大

「次表水德,是諸泉池,即八功德池。池水湛潔,清芬芳馥,故曰湛然香潔。」這是水之德,水的好處,我們這個世界沒有。它有八種功德,下面都會提到。所以池水乾淨一塵不染,清潔透明的,從池上面看到池底,底即鋪的是金沙。清香,清芬芳馥,你聞到這個水的氣味清香悅體,你的身心在這個氣氛裡面,像我們講得到充分的養分,得到充分的能量,所以經文上用「湛然香潔」來讚歎它。「水具八德,故稱八功德水。《稱讚淨土經》曰:何等名為八功德水。一者澄淨。」澄是不動,止水;淨是乾淨,一絲毫染污都沒有,水平像一面鏡子一樣。「二者清冷」,我們一般人講的清涼,這個清冷就是清涼的意思,你接觸到非常舒適。這個澄淨清冷我們這個世界裡有,池水裡面可以能見到。現在少見了,現在因為空氣的染污、水源的染污,這種澄淨清涼不多見了,這些染污都是人為的。「三者甘美」,這個我們世間的水沒有,它水是甜的,這是講水的滋味,水是甜的。「四者輕軟」,這也是我們這個世間看不到的,我們這個世間的水很重,它那個地方的水是輕、軟的。「五者潤澤」,潤澤,我們這個地方水有,滋潤,對我們皮膚的潤澤,對樹木花草的潤澤。「六者安和」,這個我們水沒有,西方世界的水平安和睦,不會游泳的掉在池裡也不會淹死,為什麼?水隨你的意思,我要淺一點它就淺,要我腳底踏到岸它就踏上去,它能隨人意。「七者飲時除飢渴」,你喝這個水就能得到充分的養分,滋養你的身心,而且這個水好像甘露一樣,能治百病,「除飢渴等無量過患」。「八者飲已定能長養諸根四大」,你看你喝這個水的時候,它能長養,諸根是六根,眼耳鼻舌身意,四大就是我們的身體。「增益」,這個了不起!「種種殊勝善根」,它能幫助你增長善根,這我們世界上沒有。「多福眾生常樂受用」,往生到極樂世界是多福的眾生。所以極樂世界不需要其他飲食,七寶池裡頭提供的八功德水,什麼問題都解決了。八功德水都是從自性當中流露出來的,德水。   

「極樂之水,能令飲者增長種種殊勝善根,可見極樂不可思議。」這是把寶池裡面的德水,不可思議的殊勝功德介紹給我們。

文摘恭錄 淨土大經解演義(第三六六集)2011/4/7 檔名:02-039-0366