Minggu, 28 Juni 2020

Nitya, Sukha, Atma, Subha



Mengenal Istilah Dharma
Nitya, Sukha, Atma, Subha

Petikan Ceramah Master Chin Kung :
Empat kebajikan yang dimiliki oleh Dharmakaya yakni “Nitya, Sukha, Atma, Subha”, sejak semula telah sempurna dalam jiwa sejati.

“Nitya, Sukha, Atma, Subha” disebut sebagai Empat Kebajikan Suci, yang sejak semula telah sempurna dalam jiwa sejati, ketika jiwa sejati sedang tersesat, maka empat kebajikan ini takkan bisa muncul ke permukaan.

Setelah anda mencapai pencerahan, menemukan kembali jiwa sejati, yakni pemikiran, pandangan, pemahaman, tindakan selaras dengan jiwa sejati, maka empat kebajikan tersebut akan muncul ke permukaan.  

“Nitya” adalah tidak muncul dan tidak lenyap, di dalam Ajaran Buddha sering dikatakan sebagai usia tanpa batas, usia tanpa batas adalah makna dari Nitya.

“Sukha” adalah kebahagiaan sejati, yang tidak melekat pada dualisme, tidak melekat pada suka maupun duka, inilah kebahagiaan sejati.

“Atma” adalah majikan yang sesungguhnya (yakni jiwa sejati atau Jiwa KeBuddhaan).

“Subha” adalah suci tak tercemarkan, yang tidak melekat pada dualisme, tidak melekat pada suci maupun tercemar.
      
Dipetik dari Ceramah Master Chin Kung
Judul : Ksitigarbha Sutra
Tanggal : 28 Mei 1998
Bertempat di : Pure Land Learning Society, Singapura



淨空法師談 - 法身四德 『常、樂、我、淨』是自性裡頭本來具足的

『寶性如來』在此地也有簡單的解釋《蓮華面經》說「諸佛如來是眾生寶」下面寶有七種這是佛經裡面常講的七寶。「性」是比喻法身,小註裡都有,諸位看看就曉得。比喻法身的常、樂、我、淨這四德,常樂我淨叫四淨德,是自性裡頭本來具足的,迷失了自性這四個都沒有,這迷失了。如果你覺悟了,你見性了,見性就是我們的思想、見解、行為與自性相應,這四德就現前。確實有常,「常」是不生不滅,在佛法裡面常講無量壽,無量壽就是常的意思;那個無量是真的無量,不是假的,不是所謂是有量的無量,它是真的無量。「淨」是清淨無染,染淨兩邊都不立。「我」是自在、是主宰,什麼主宰?宇宙的主宰,法界的主宰,真實的主宰。「樂」是真樂,苦樂兩邊都沒有才是真樂,所謂是絕對的,它不是相對的。寶性如來是誰?是自己,是自己的清淨法身。

文摘恭錄 地藏經1998.5.28 淨空法師啟講於 新加坡淨宗學會共 51 次講演