Jumat, 25 Januari 2019

Delapan Kesadaran


Mengenal Istilah Dharma :
“Delapan Kesadaran”

Delapan Kesadaran terdiri dari :
1. Kesadaran mata 
2. Kesadaran telinga 
3. Kesadaran hidung
4. Kesadaran lidah
5. Kesadaran tubuh atau kulit
6. Kesadaran keenam atau pikiran (yang membeda-bedakan)
7. Kesadaran ketujuh atau Manas-vijnana (yang melekat)
8. Kesadaran kedelapan atau Alayavijnana

Ciri khas dari kesadaran ke-8 (Alayavijnana atau gudang kesadaran) adalah mampu mengingat dan merekam, apa yang kita pelajari akan terekam di dalam Alayavijnana, ibarat sebuah gudang memori, menyimpan segala data yang direkam sejak kalpa tanpa awal, apa yang telah dipelajari selama kelahiran demi kelahiran, tersimpan di sini.

Maka itu Psikiater dari negara barat menggunakan metode hipnotis untuk mengobati pasiennya, menggali rekaman peristiwa masa kelahiran lampau yang tersimpan di Alayavijnana. Kalau rekaman ini tidak tersimpan di dalam Alayavijnana, bagaimana anda bisa mengetahui tentang masa kehidupan lampaumu?

Kesadaran ke-7 atau Manas-vijnana adalah kemelekatan, kesadaran ke-6 atau pikiran, adalah membeda-bedakan. Lima kesadaran meliputi kesadaran mata, telinga, hidung, lidah dan tubuh, apa fungsinya?

Yakni untuk menyampaikan informasi, mengatur lalu-lintas informasi luar dan dalam, menyampaikan informasi dari luar ke dalam, dan sebaliknya. Inilah fungsi dari lima kesadaran tersebut, dia tidak sanggup menjadi majikan bagi diri sendiri, dia hanya bisa menyampaikan informasi saja, tetapi tidak bisa menyaring atau menyeleksinya.

Lantas siapakah majikan yang sesungguhnya? Yang menjadi majikan itu adalah kesadaran ke-6, tukang membeda-bedakan. Setelah membeda-bedakan, kesadaran ke-7 mulai melekat. Inilah majikan yang sesungguhnya, yakni kesadaran ke-6 dan kesadaran ke-7.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Juni 2010

我們簡單用最粗淺的話來講大家好懂,第八阿賴耶識它的特長是記憶,我們學了東西會記得就在阿賴耶,所以阿賴耶像倉庫一樣,儲藏庫,無始劫以來生生世世學習的東西都儲存在那裡,那是資料室。所以西方這個催眠術,用催眠的方法,把阿賴耶識所含藏的那個過去世都把你提出來,是這麼一個道理。如果沒有儲藏的話,過去生中的事情你怎麼會知道?它是一個儲藏室。第七識末那識是執著,第六意識是分別,前五識眼耳鼻舌身那是什麼?傳遞信息,內外交通,把外面的傳到裡面,裡面傳導到外面,它是管這個的,它做不了主的,只是傳達而已,我用這個方法講大家好懂。

  真正做主的是誰?做主力量最大的就是第六意識,它非常善變,第七識也很固執,真正當家做主是這兩個。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第六十六集)  2010/6/23